Friday, January 01, 2010



[halaman ganjil]

mimpi awal tahun 2010

bangun dari mimpi tentang seorang lelaki yang katanya jadi terkenal gara-gara wajahnya mirip politikus terkemuka, ditambah perempuan ekspresif yang dulu kerap aku temui di sebuah tempat dan kini sudah pindah ke kota metropolitan. rasanya aneh memimpikan dua hal itu. tahu-tahu tanggal menunjukkan 1 januari 2010. dua tahun lagi menuju 2012. ada apa dengan 2012? kiamat? emmm... rasanya terlalu absurd untuk dipercayai. tapi buat peringatan sih kayaknya menarik. untuk peringatan betapa manusia itu fana. bakal mati suatu saat. mungkin besok, pada 2 januari 2010. seperti gus dur yang meninggal pada 30 januari 2009, sehari sebelum pergantian tahun. siapa yang menentukan mati dan hidup selain pemilik kehidupan itu sendiri?

tahun baru ternyata hanyalah lanjutan hari kemarin. kenapa tanggal 1 januari selalu libur? tapi mungkin sebagian orang terus kerja atau repot pada tanggal itu. ada orang yang tetap kesulitan, meski kerja tiada henti. ada orang yang terlalu mudah pecah konsentrasinya.

tapi minimal dua belas halaman kalender tahun 2009 sudah habis. harus dibuang. ganti yang baru. untung aku sudah punya. sebuah kalender meja bonus dari beli beras lima kiloan. tahun kemarin aku minta kalender kompas dari mas anung wen. isunya tentang global warming dan pelestarian alam. beberapa minggu lalu aku juga dapat file kalender elektronik dari sebuah warnet. kalender bonus beli beras itu isinya apalagi kalau bukan resep makanan.

ada sejumlah harapan dan keinginan di tahun 2010 ini. tapi lebih dari itu, aku ingin bekerja lebih baik, meningkatkan pendapatan, lebih efektif, dan tambah ahli menerapkan slogan temanku: SIMPLE WORK HIGH INCOME. ha ha ha... kalau bisa malah enggak kerja tapi duit milyaran. kayak di akhir tahun lalu, aku dapat telepon menang undian rp.87 juta rupiah dari pihak yang mengaku pt sampoerna. aku balas: makasih atas hadiahnya. silakan transfer ke rekening no. sekian-sekian, bank anu atas nama anwar holid. siapa tahu rekeningku memang membengkak seperti disuntik. nanti akan aku cek. aku toh masih percaya keajaiban.

aku ingin lebih waras dengan hidupku sendiri, dengan segala yang jadi tanggung jawabku. aku akan berusaha melunasi segala macam utang yang aku tanggung. aku merasa sepanjang tahun kemarin cukup sukses, meski di akhir tahun kecolongan. tapi syukur aku tetap bisa mengakhirinya dengan senyum. rasanya aku bikin sejumlah hal yang menyenangkan dan bikin senyum.

mengubah diri sendiri itu ternyata susahnya luar biasa. ini sudah aku sadari sejak lama. seperti pernah bilang ke seorang kawan. aku ingin mengubah diri jadi lebih sukses. ternyata susah. aku ingin lebih tega. susah juga. aku ingin dapat penghasilan seratus juta per bulan. susah juga. ingin bebas secara finansial, ternyata malah terjerat utang. aduh. ini konyol banget. ingin dapat income pasif, malah aset-asetku yang sederhana---seperti kaset dan cd---sudah ludes kira-kira dua tahun lalu. kini sisanya tinggal beberapa kaset yang aku pikir enggak punya nilai jual gara-gara tidak terkenal sama sekali. hidup orang itu memang aneh-aneh. seorang kawanku di akhir tahun 2009 divonis sakit liver, menambah sakit-sakit lain dia yang telah dia idap. aku bilang sungguh-sungguh: kamu harus sangat hati-hati dengan sakit itu. jangan sampai tambah parah jadi sirosis.

sepanjang tahun ini kadang-kadang aku dapat selingan yang menyenangkan. macam-macam bentuknya. mulai dari email spam hingga alternatif pendapatan.

1 januari merupakan lanjutan 31 desember. jadi aku akan melanjutkan kerja-kerjaku. melakukan kegiatan yang semoga bermanfaat buat kemajuanku, mengurangi blunder yang mungkin mencelakakan diriku atau membuat orang lain marah. apa itu namanya? TAHU DIRI?

baiklah jalani hari libur pertama ini dengan lebih tenang. meski rasanya tetap aneh mengawali tahun baru dengan mimpi tentang seorang lelaki yang katanya jadi terkenal gara-gara wajahnya mirip politikus terkemuka, ditambah perempuan ekspresif yang dulu kerap aku temui di sebuah tempat namun kini sudah pindah ke kota metropolitan. mengutip kawanku: no matter what, tetap alhamdulillah.[]6:22 01/01/2010

1 comment:

Anwar Holid said...

makasih atas kunjungan kamu. tapi sayang ujungnya iklan. apa pun, makasih sekali lagi.