Wednesday, July 28, 2010


Kami Ingin Menjadi Pemakmur Bumi
---Anwar Holid

Film itu durasinya 13 menit. Ia membuatku tertegun, mengebor mata sampai bergetar, akhirnya memaksa butiran beningnya menetes. Ia menohok persis sesuatu yang rasanya kerap aku alami atau renungi, terutama saat dilanda depresi oleh nasib. Kemiskinan, juga rasa tiada berdaya karena gagal memenuhi kebutuhan hidup paling sederhana sekalipun, cuma kadar yang mereka alami lebih ekstrem.

Tadinya, kawan yang memberi video ini bilang, "Bisa enggak kamu bikin proposal dari film ini?" Proposal? tanyaku. Aku hanya bisa bikin proposal penerbitan buku, bukan untuk mempersuasi perusahaan atau orang-orang kaya-dermawan untuk berbuat sesuatu atau bederma menolong sesama. Tapi aku bilang, "Aku kenal satu-dua orang yang terbiasa mengurus bakti sosial atau hibah untuk masyarakat. Bisa juga mendekatkan orang yang mau melaksanakan CSR atau aktivitas seperti bisnis sosial." CSR dan bisnis sosial adalah jargon kapitalisme yang sangat sulit aku pahami, meskipun aku tahu kini banyak perusahaan mempraktikannya. CSR telah menjadi standar di setiap company profile; sementara bisnis sosial sukses dijalankan oleh orang seperti Muhammad Yunus dengan Grameen Bank, juga Ashoka Foundation. Sempat kerja sama dengan 1 - 2 BUMN membuat aku tahu bahwa mereka menyediakan dana CSR sangat besar. Aku bahkan pernah dengar ada BUMN yang bingung mau berbuat apa lagi saking begitu besar dana CSR yang mereka miliki.

Film itu memperingatkan aku agar jangan berhati kerdil. Dulu kala mahasiswa aku pernah kerja bakti bersama kawan-kawan dengan 1 - 2 hari tinggal bareng keluarga miskin di masyarakat desa pinggiran Bandung, di balik-balik perbukitan yang indah dan permai. Untuk mendapat ilmu, pernah juga aku hidup beberapa hari di pesantren yang jorok di kota lain. Sementara sekarang aku justru kadang-kadang nelangsa memperjuangkan nasib sendiri, berusaha memahami betapa hidup itu ada-ada saja kejadiannya. Seperti kemarin aku menerima sms kawan, bunyinya: 'mengapa ya uang selalu mempermainkan hidup kita? di kala banyak uang kita senang dan tenang, sebaliknya ketika enggak ada, kita sedih dan panik.' Aku jawab: 'aku juga bingung soal uang. kemarin kepikiran mau nulis status begini: mana yang lebih mengerikan: kehilangan uang atau kehilangan tuhan? tapi urung aku lakukan karena merasa malu.' Bukan berarti kepedulian sosialku jadi rendah atau hilang; sebaliknya, aku merasa status sosialku masih rapuh, maka lebih baik memperbaiki nasib sendiri. Sebagian orang mungkin tak perlu kita kasihani, sebab mereka berjuang keras untuk diri sendiri.

Nah, bagaimana kalau kita tidak tinggal 1-2 hari bersama orang miskin dan kekurangan, melainkan ikut bergumul dengan lumpur, di medan lokasi yang berat, transportasi dan aksesibilitas seadanya, sanitasi buruk, kekurangan gizi, tingkat pendidikan rendah, dan sebagian masyarakatnya tertinggal begitu jauh dari peradaban yang Anda miliki? Kalau mau, Anda bisa cabut dari sana, atau sesekali pelesir ke kota terdekat untuk mendapatkan udara segar.

Tersebutlah kecamatan Peundeuy, di kabupaten Garut, jaraknya kira-kira 150 km dari Bandung ke arah selatan. Di peta biasa provinsi Jawa Barat, kecamatan ini bahkan tidak tercantum. Namanya kalah oleh Pameungpeuk, yang terkenal karena punya pantai. Mungkin Pameungpeuk dan Peundeuy tidak sejalur, tapi dalam peta wilayah yang lebih detail, ia berada sebelum Pameungpeuk. Kecamatan ini berada di antara perbukitan dan sawah-sawah yang mungkin menawarkan pemandangan asri serta menakjubkan, rata-rata wilayahnya berada pada 100 - 1000 m di atas permukaan laut dan lebih tinggi lagi, dengan derajat kemiringan mayoritas di atas 40 persen. Tapi bagaimana kita percaya bahwa di tempat seperti itu kemiskinan dan ketertinggalan begitu nyata terwujud? Di sana masih ada jembatan gantung dari bambu, rumah-rumah berbilik bambu yang sudah bolong-bolong, hanya punya satu sekolah SMP dan SMU, dengan gedung semi permanen dan tembok sebagian besar sudah mengelupas. Tingkat drop out anak-anak SD di sini tinggi sekali, dan dilihat dari film itu, bangunan SD-nya amat mengenaskan. Kalau Bill Gates atau beberapa kawanku drop out dari universitas, mungkin masih bisa jadi cerita menarik; tapi apa yang bisa kita harapkan dari anak yang drop out SD? Mereka bakal jadi pengusaha kelereng? Tidak. Setelah putus sekolah, kebanyakan dari mereka kawin pada usia dini, merantau ke kota besar seperti Bandung dan Jakarta untuk menjadi pembantu rumah tangga, buruh serabutan, maupun penjual asongan butong (seribu sekantong). Kondisi ini mengingatkan aku pada film Not One Less. Terdiri dari enam kelurahan dengan luas sekitar 5.679 ha, Peundeuy berada kira-kira 65 km dari ibukota kabupaten Garut---yang terkenal oleh industri dodol dan kerajinan lainnya.

Sejumlah sarjana dari beberapa perguruan tinggi terkemuka Indonesia dan berbagai disiplin ilmu ternyata sudah berada di Peundeuy sekitar delapan tahun terakhir ini, hidup bersama masyarakat setempat, bergabung dalam wadah pengabdian bernama Pasanggrahan Baranang Siang (PBS). Tentu saja tanpa publikasi apa pun. Aksi mereka hanya diketahui sesama kawan dekat, sampai aku melihat video itu. Video mereka pun tidak tersebar mirip virus seperti halnya video zina orang-orang terkemuka. Bagaimana mereka bisa "menemukan" Peundeuy sebagai pilihan tempat berkarya daripada bergabung dengan sesama kawan satu strata sosial untuk bekerja normal di perusahaan besar, menjadi wirausahawan, atau mencari klien ke sana-kemari seperti aku? Apa mereka punya pengalaman serupa dengan Greg Mortenson dalam Three Cups of Tea atau John Wood dalam Leaving Microsoft to Change the World? Di Peundeuy, mereka ikut bertani, memelihara ternak, memberi penyuluhan soal gizi dan kesehatan, cara mengurus keuangan keluarga dan mengelola rumah tangga, membagi ilmu pengetahuan, menggali potensi alam lebih besar lagi di wilayah itu, dan tak lupa: ikut mengajar anak-anak di SD sampai SMA. Kini mereka berhasil mendirikan sebuah SMP Terbuka-Terpadu secara gratis untuk anak-anak setempat. Kurikulumnya dirancang alamiah, berbasis karakteristik lokal, memperhatikan tantangan wilayah tempat tinggalnya, dan materi sains serta riset terpadu. Kabar terakhir yang aku dengar, untuk pertama kalinya pada tahun ini (2010) ada siswa SMA dari kecamatan ini yang lulus saringan masuk perguruan tinggi.

"PBS didirikan sebagai bentuk keprihatinan sekaligus tanggung jawab kami untuk membantu pemerintah untuk mencari solusi alternatif bagi pembangunan khususnya di daerah tertinggal. Kami ingin menjadi pemakmur bumi. Misi kami ialah menggali khazanah nusantara, merajut sejarah bangsa, dan bersatu membangun negeri," demikian papar Dani Daud Setiana, alumni Teknik Industri ITB yang menjadi kepala PBS. Dari riset bertahun-tahun, mereka menyimpulkan perlunya peran serta sangat banyak dari para sarjana agar turun ke daerah, terutama untuk membantu pemerintah daerah merumuskan dan mengetahui masalah sesungguhnya yang terjadi di daerah tertinggal.
Dani Daud Setiana

Selain memperhatikan pendidikan, Daud dan rekan-rekan ikut memberi pelayanan kesehatan, dan mengembangkan ekonomi berbasis swabahu wilayah---yaitu ekonomi yang dibangun dengan mengoptimalkan aspek agro-ekologis, teknologi dan faktor produksi, nilai ekonomis, dan sosial budaya setempat. Mereka juga sangat berharap agar pemerintah menjadikan Program Darma Bakti Sarjana sebagai program nasional.

Kalau mau beramal bakti, karya PBS di Peundeuy mungkin bisa menyengat kita sampai malu. Cukup dengan berbuat sesuatu yang positif untuk masyarakat setempat. Kalau orang Islam kekurangan lahan dakwah, bergabunglah dengan PBS. Penduduk Peundeuy seratus persen Muslim! Yah, mungkin jihad itu enggak bakal diliput media massa, tapi nilainya insya allah setara dengan mempertaruhkan nyawa di hadapan tentara Israel. Sementara buat mereka yang punya program CSR, Anda bisa bangun jembatan dan memperbaiki jalan yang hancur di sini, mendirikan bangunan sekolah baru, membuat MCK agar sanitasi berfungsi wajar, atau bederma untuk meningkatkan gizi dan ilmu pengetahuan. Orang-orang yang butuh bantuan nyata ada di wilayah kita. Ia tidak jauh-jauh ada di Timur Tengah atau Afrika. Ia ada di sekitar rumah kita. Kawan-kawan yang suka travelling, silakan jadikan kecamatan ini sebagai tujuan baru. Siapa tahu mendapat pengalaman spiritual di sini.

Tiga belas menit menyaksikan film Peundeuy dan aksi para pegiat PBS membuatku teringat pada puisi "Orang-Orang Miskin" karya Rendra. Di situ dia menulis begini:

Jangan kamu bilang negara ini kaya
karena orang-orang berkembang di kota dan di desa.
Jangan kamu bilang dirimu kaya
bila tetanggamu memakan bangkai kucingnya.
Lambang negara ini mestinya trompah dan blacu.
Dan perlu diusulkan
agar ketemu presiden tak perlu berdasi seperti Belanda.
Dan tentara di jalan jangan bebas memukul mahasiswa.

Jumlah mereka tak bisa kamu mistik menjadi nol.
Mereka akan menjadi pertanyaan
yang mencegat ideologimu.
Gigi mereka yang kuning
akan meringis di muka agamamu.[]

Untuk tindakan lebih lanjut, silakan hubungi Dani Daud Setiana di 08122128092.
Link terkait:
http://www.sancang.net --> situs Pasanggrahan Baranang Siang (PBS)
http://www.sancang.net/node/4?page=show -->profil para pegiat Pasanggrahan Baranang Siang (PBS)
___________________________________
Anwar Holid bekerja sebagai penulis & editor. Buku barunya ialah Keep Your Hand Moving (GPU, 2010). Blogger @ http://halamanganjil.blogspot.com.

KONTAK: wartax@yahoo.com | HP: 085721511193 | Panorama II No. 26 B Bandung 40141.

80 comments:

Andy MSE said...

kali ini tidak berkomentar melainkan menyapa sahabat lama...
(sekaligus minta ijin repost catatanmu di facebook untuk dipublikasikan di blog saya).
terimakasih, Wartax! terimakasih masih selalu memberitahuku halamanganjil-halamanganjil yang terbaru... :-)

Anonymous said...

mas wartax,
bisakah video peundeuy ini di upload ke facebook?
Danny Daud adalah teman kuliah saya dulu. Thx

Jeffry Y

Anwar Holid said...

makasih atas perhatiannya ya, teman-teman.

insya allah video itu akan diupload oleh daud dkk; tapi saya enggak tahu akan di mana. mungkin sebentar lagi. beberapa orang juga minta video itu agar diupload.

Awamologi aka Bahtiar Baihaqi said...

Duh!

Anonymous said...

buy xanax bars online urine drug screen for xanax - makers generic xanax

Anonymous said...

buy tramadol online tramadol overdose seizure - buy tramadol 200mg online

Anonymous said...

where can i order xanax online picture of 1mg xanax - does xanax high feel like

Anonymous said...

buy tramadol online tramadol for dogs how long to take effect - tramadol dosage nz

Anonymous said...

xanax sale generic xanax time release - xanax bars energy drink

Anonymous said...

xanax online xanax pills identifier - xanax class of drug

Anonymous said...

xanax online xanax bars 2mg - xanax 0.5 withdrawal

Anonymous said...

buy tramadol online tramadol 50 mg cheap - tramadol dosage veterinary medicine

Anonymous said...

buy tramadol online can u overdose tramadol - tramadol compared to ultram

Anonymous said...

buy tramadol online cheap tramadol fedex overnight - taking 3 50mg tramadol

Anonymous said...

buy tramadol online tramadol er - tramadol 50mg street value

Anonymous said...

xanax online xanax drug information - xanax bars 2090

Anonymous said...

best buy tramadol tramadol online pharmacy reviews - buy tramadol from usa

Anonymous said...

buy tramadol online tramadol 100mg bestellen - tramadol for dogs anti inflammatory

Anonymous said...

buy carisoprodol carisoprodol 350 mg web md - can you buy carisoprodol online

Anonymous said...

buy tramadol online tramadol hydrochloride online - generic tramadol for dogs

Anonymous said...

buy tramadol online how to buy tramadol online overnight - tramadol hcl nih

Anonymous said...

tramadol 50mg tramadol hcl rimadyl - tramadol 50 mg extended release

Anonymous said...

buy tramadol online no prescription tramadol overnight delivery - buy tramadol cod overnight delivery

Anonymous said...

buy tramadol online tramadol hcl para que sirve - tramadol buy online cheap

Anonymous said...

generic xanax drug testing for employment xanax - xanax pills identification

Anonymous said...

generic xanax 5 xanax get high - mixing xanax and alcohol blackout

Anonymous said...

carisoprodol 350 mg carisoprodol 350 mg buy online - carisoprodol 350 mg recreational use

Anonymous said...

carisoprodol online soma carisoprodol prescribing information - soma carisoprodol controlled substance

Anonymous said...

buy tramadol online tramadol 50 mg recommended dose - tramadol xl dosage

Anonymous said...

buy tramadol online can you really buy tramadol online - discount tramadol online

Anonymous said...

buy tramadol online buy tramadol ultram - buy tramadol 100mg online

Anonymous said...

buy tramadol online buy tramadol online no prescription usa - tramadol addiction constipation

Anonymous said...

buy carisoprodol carisoprodol 350 mg dan - carisoprodol and xanax

Anonymous said...

buy tramadol online tramadol online fedex next day - tramadol 50 mg long term use

Anonymous said...

cialis online cialis samples free - cialis daily men

Anonymous said...

buy xanax online no prescription cheap xanax and weed - xanax 87

Anonymous said...

cialis buy online no prescription buy cialis vs viagra - cialis online mastercard

Anonymous said...

xanax online xanax .5 get you high - xanax generic identification

Anonymous said...

buy cialis online buy cialis saudi arabia - cialis online pharmacy us

Anonymous said...

xanax online xanax side effects and uses - xanax side effects loss of appetite

Anonymous said...

buy cheap cialis cialis online reviews - cialis medication

Anonymous said...

cheap generic cialis cialis daily tablet - buy+cialis+online+without+prescription+in+usa

Anonymous said...

buy cialis no prescription cialis daily use free trial - generic cialis risks

Anonymous said...

xanax online what is the drug classification of xanax - xanax dosage in children

Anonymous said...

buy cialis usa brand cialis online - buy cialis cheap online

Anonymous said...

order tadalafil cialis online without prescription-usa - generic cialis pictures

Anonymous said...

http://buytramadolonlinecool.com/#63102 tramadol hcl 50 mg withdrawal - tramadol 25mg tablets

Anonymous said...

http://buytramadolonlinecool.com/#61458 tramadol hcl recommended dosage - nebenwirkungen von tramadol 100mg

Anonymous said...

order tramadol online without prescription buy tramadol online cod - tramadol online canadian pharmacy

Anonymous said...

buy tramadol free shipping tramadol 50 mg medication - side effects tramadol hcl 50mg tablet

Anonymous said...

http://landvoicelearning.com/#51438 tramadol withdrawal nightmares - order tramadol us pharmacy

Anonymous said...

http://landvoicelearning.com/#63987 buy tramadol c.o.d saturday delivery - where can i buy tramadol for dogs

Anonymous said...

http://buytramadolonlinecool.com/#96430 what does tramadol high feel like - tramadol 50 mg headache

Anonymous said...

tramadol online tramadol kick in time - high from tramadol hcl

Anonymous said...

learn how to buy tramdadol buy tramadol online cod - tramadol 50mg how many to take

Anonymous said...

buy tramadol online tramadol 50 mg kapszula - tramadol krka 50mg

Anonymous said...

buy tramadol overnight cod tramadol overnight delivery no rx - generic tramadol 100mg

Anonymous said...

buy tramadol tramadol 50mg pl - buy tramadol online us

Anonymous said...

buy tramadol online tramadol 50 mg is equal to - tramadol 100mg used

Anonymous said...

buy tramadol online no prescription cod buy tramadol united states - tramadol 50 mg picture

Anonymous said...

tramadol online pharmacy buy tramadol cod delivery - normal dosage tramadol humans

Anonymous said...

buy tramadol dosage of tramadol for dogs - tramadol buy cheap

Anonymous said...

order tramadol online without prescription tramadol half life - tramadol for dogs reactions

Anonymous said...

can you buy tramadol online tramadol 50 mg duration - buy tramadol cod online

Anonymous said...

http://reidmoody.com/#96318 diazepam vs ativan dosage - ativan dosage panic attacks

Anonymous said...

ways to buy ativan online ativan side effects drugs.com - order lorazepam online no prescription

Anonymous said...

http://reidmoody.com/#36921 ativan withdrawal nightmares - ativan side effects adults

Anonymous said...

ways to buy ativan online ativan withdrawal low dose - ativan withdrawal symptoms

Anonymous said...

buy tramadol no prescription overnight tramadol 4 dollar list - tramadol 50mg for sale

Anonymous said...

buy tramadol online kind drug tramadol 50mg - tramadol hcl 50 mg for dogs

Anonymous said...

buy tramadol online tramadol 50 mg qds - buy tramadol online from usa

Anonymous said...

xanax cheap xanax bars order - what do xanax pills look like

Anonymous said...

Υour own write-up feаtures verifіed
nеcessaгy to me. Ιt’s really еduсational and you're clearly quite knowledgeable of this type. You get opened my face for you to different opinion of this particular matter using intriquing, notable and solid content.

Look into my homepage; aooxo.com
My weblog ; viagra online

Anonymous said...

Υour reρort pгоѵideѕ verіfied benеficial to us.
It’s quіtе uѕeful and you're simply obviously quite experienced of this type. You get opened our eyes in order to different thoughts about this specific matter using intriguing, notable and sound content.
My web site :: meridia online

Anonymous said...

The post has ρroѵen benefіcial to me.

It’s extremely infοrmatiνе and yοu reаllу arе
natuгаlly quite knowledgеable іn thiѕ region.
You get poppеԁ my personal eye to bе ablе to varіous thοughts
about this subϳect with intгiquing,
nοtаble and strong cοntent materiаl.
my website > Xanax

Anonymous said...

Your cuггent post provides confirmeԁ
useful tο us. It’s really eduсational and you're clearly quite knowledgeable of this type. You have got popped our face to be able to varying thoughts about this particular subject with intriguing and reliable written content.
My blog : winkedin.com

Anonymous said...

Үour report prоvidеs verіfied benefісiаl to mysеlf.
ӏt’s quite helpful and уou гeallу aгe cеrtаinly very eduсated
in this aгea. Yοu gеt popped my eye to be able to ԁifferent views on this ѕubject along wіth intriguіng, nοtable аnd strong content.


my webpage: Buy Viagra

Unknown said...

Saya juga tertarik utk melihat video tsb. Mohon informasinya linknya jika sudah tersedia. Terima kasih

yanmaneee said...

yeezy
cheap jordans
nike air force 1
lebron 17
golden goose outlet
yeezy supply
longchamp handbags
balenciaga sneakers
golden goose outlet
ferragamo belt

tisme said...

w5n88p4j91 b9w36w1u77 j8i64z4n89 f1w21u1o75 b0v64r0y85 o2u32m0n68