Wednesday, January 15, 2014


[Resensi Buku]

Islam, Budaya, dan Pendidikan

Peresensi: Imam Jahrudin Priyanto
Media: Pikiran Rakyat, Rabu, 8 Januari 2014

Sebagai ilmuwan, Profesor A. Chaedar Alwasilah sangat rajin menuangkan hasil pemikirannya lewat tulisan, baik di media nasional berbahasa Indonesia seperti Pikiran Rakyat maupun media berbahasa Inggris seperti The Jakarta Post. Menghiasi tahun 2014 ini dia meluncurkan buku berisi kumpulan tulisan berbahasa Inggris untuk edisi internasional, terutama ditujukan kepada pembaca luar negeri.

Buku berjudul Islam, Culture, and Education: Essay on Contemporary Indonesia ini secara resmi diluncurkan di Gedung Pascasarjana Universita Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, pada Senin, 23 Desember 2013. Pembahas bukunya ialah Deddy Mulyana (Dekan Fikom Unpad) dan Don Faust (Northern Michigan University, AS). Pada Oktober 2013, buku ini juga telah diikutsertakan pada Frankfurt Book Fair, Jerman, yang merupakan pameran buku terbesar di dunia.
___________________________________________________________
INFO BUKU

Judul: Islam, Culture, and Education - Essay on Contemporary Indonesia
Penulis: A. Chaedar Alwasilah
Format: Hard cover; 437 + xxvi hal.
Penerbit: Rosda International, 2014
ISBN: 978-979-692-453-0
Harga: Rp.107.000,- (dalam negeri); US$19,90 (internasional)

Pemesanan: (022) 5200287 atau pemasaran@rosda.co.id
___________________________________________________________

Terdiri dari 78 bab mengenai berbagai topik, buku ini dibagi dalam empat bagian utama, yaitu Down to Earth with Islam, Education, Language Education, dan Culture. Dalam konteks Islam, Chaedar antara lain membahas Pancasila, haji, radikalisme, Ramadan, dan Idulfitri.  Untuk pendidikan, Chaedar membahas pengajaran, kurikulum, pragmatisme, dan kiprah guru. Dalam konteks  kebudayaan, Chaedar antara lain mengupas birokrasi, holiganisme, surat kabar komunitas, korupsi di kalangan akademisi, dan debat presiden. 

Don Faust menilai para pembaca buku ini di berbagai negara akan menjadi saksi betapa pentingnya hasil pemikiran Chaedar. Sementara Lauren Zentz (seorang linguis dari University of Houston, AS) dalam kesaksiannya menulis, Chaedar menyajikan kritik penting yang cerdik (Zentz memilih kata astute ‘cerdik’) menyangkut dunia pendidikan dan pengajaran bahasa di  Indonesia. Disajikan secara jernih dalam bahasa Inggris, buku ini akan menjadi koleksi ilmiah berharga bagi para pencinta ilmu. (Imam JP/”PR”)

Link terkait:
* Reportase launching buku Islam, Culture, and Education: http://bit.ly/19c5j4O
* Info awal buku ini: http://bit.ly/1cVgGzD

No comments: