Saturday, June 09, 2012


Pelajaran Euro Cup 2012 untuk Proofreader, Penulis, Editor, dan Penerjemah 
--Anwar Holid
 

Berikut ini kota-kota di negara Polandia dan Ukraina tempat berlangsungnya pertandingan Piala Eropa 2012. Perhatikan ejaannya:
* Warsawa
* Gdansk
* Poznan
* Wroclaw
* Lviv
* Kiev
* Kharkiv atau Kharkov
* Donetsk

Yang istimewa dari nama-nama itu tentu penulisannya yang rada sulit buat kita orang Indonesia. Yang paling mudah mungkin menulis Poznan dan Kiev. Tapi coba tilik Gdansk. Banyak orang salah menulis sebagai Gdanks atau Gdank. Orang Indonesia entah kenapa lebih suka mengeja nama Kharkiv, meski Barat lebih suka mengeja sebagai Kharkov.

Di Ukraina ada sebuah kota bernama Chernobyl, yang pada tahun 1986 jadi heboh sekaligus mengerikan karena di sana terjadi bencana ledakan reaktor nuklir akibat kebocoran. Sementara tim nasional sepak bola Polandia punya kiper yang barangkali namanya sangat sulit buat penulis Indonesia, karena itu disarankan untuk hati-hati mengejanya huruf demi huruf, yaitu: Wojciech Szczesny. Ejaan nama itu jauh lebih sulit bila dibandingkan misalnya dengan Friedrich Nietzsche yang sudah kerap ditulis salah dengan berbagai variasi, atau Bastian Schweinsteiger, gelandang serang Jerman.

Selamat bekerja sekaligus begadang demi nonton pertandingan sepak bola.[]


Anwar Holid, penulis buku Keep Your Hand Moving (GPU, 2010). Bekerja sebagai editor, penulis, dan publisis.

No comments: