Saturday, June 02, 2012



FIELD SCRIPT (Arloji Quartz)
---Anwar Holid
   
Dengan harga fantastik yang dirahasiakan, aku beli arloji quartz (batere) model jam militer merek FIELD SCRIPT buatan J-Axis Watch, Jepang. Desain jam ini simpel, terkesan tegas, dan kondisinya OK banget. Masih mulus, mengkilap, enak dilihat. Wadahnya berbentuk lingkaran terbuat dari stainless steel, disertai pelindung crown (pemutar). Jarum penunjuk jam dan menit berbentuk pedang, sementara jarum detiknya mirip anak panah warna merah.

Desain FIELD SCRIPT sangat tipikal jam militer, sehingga kalau mau kita bisa dengan mudah melacak atau mencari kemiripannya dengan berbagai model jam militer keluaran merek-merek lain. Ciri utama dari jam militer ialah ia lazimnya menggunakan penunjuk angka arab (angka romawi atau tanda lain sangat jarang digunakan) dengan sub-dial 24 jam, sering menggunakan tali nilon atau kulit warna khaki (hijau kecokelatan), dan jarum penunjuk maupun angkanya dilapisi bahan yang bisa menyala kala gelap. FIELD SCRIPT memiliki ciri itu semua. Tapi karena jam ini mungkin bukan jam militer asli yang digunakan tentara melainkan cuma 'rasanya' berkarakter militer, nyalanya sudah redup. Ia baru menyala terang kalau didekatkan dulu ke sumber cahaya. Dari desainnya kita tahu bahwa jam militer memang lain dengan jam untuk tampil (dress watch) yang biasanya terlihat lebih elegan dan mentereng. Menurut saran etiket, jangan sampai jam militer dipakai dalam situasi formal seperti meeting. Jam seperti ini cocoknya dipakai waktu beraktivitas informal terlebih-lebih yang sangat aktif seperti main dan olahraga.

Pelindung crown pada FIELD SCRIPT di satu sisi mengamankan crown dari kecelakaan, tapi akibatnya sedikit mengurangi kebebasan bila kita sedang mengatur waktu. Untuk arloji quartz biasa, tiadanya fitur tanggal dan hari pastilah menjadi kekurangan yang amat terasa. Tapi lagi-lagi, secara tradisional jam militer memang cuma berfungsi sebagai penunjuk jam, menit, dan detik, bukan yang lain-lain. Karena itu barangkali hal ini bisa dipahami. Info water resistance 10 BAR di dial berarti jam ini aman bila tetap digunakan ketika mandi, renang, apalagi wudhu. Tapi tidak untuk yang lebih berat, misalnya scuba diving.

Arloji quartz selalu memiliki akurasi yang lebih baik daripada jam mekanik (otomatik). Meski begitu ia kurang favorit di mata para peminat horologi. Salah satu penyebab utamanya ialah arloji quartz dinilai 'tidak punya nilai seni' karena bisa jadi ia tidak memiliki mesin (movement) rumit dan artistik yang mengagumkan serta asyik untuk diperhatikan. Tapi banyak orang ternyata sudah cukup senang bila jamnya bisa diandalkan sebagai penunjuk atau pengingat waktu. FIELD SCRIPT pun mampu berfungsi seperti itu dengan baik.[]

Tertarik pada arloji maupun benda vintage keren lain? Pls klik http://garasiopa.com.

FIELD SCRIPT orisinal, dari sini http://global.rakuten.com/en/store/jimu/item/008413k

No comments: