Saturday, April 17, 2010


[halaman ganjil]

210 butir kapsul habbatussauda
---anwar holid

aku sudah hampir menghabiskan 210 butir kapsul habbatussauda cap kurma ajwa kurang-lebih dalam waktu empat bulan ini. ceritanya sekitar awal januari lalu istriku dikasih sebotol habbatussauda oleh keluarga rezha, waktu istri dan anak-anak kami libur akhir tahun di rumah mereka dan agus salim di jakarta. awalnya aku ragu apa bakal tertarik mengonsumsi suplemen seperti itu. di minggu-minggu pertama aku merasa bahwa kapsulnya nyaris terlihat tak menyusut. tapi di pertengahan april ini aku baru sadar, lama-lama ternyata mau habis juga. perlahan-lahan aku agak rutin mengonsumsi empat butir per hari; dua di pagi dan dua di sore. kadang-kadang malah sekali tenggak.

ini pengalaman pertamaku minum suplemen yang digadang-gadang oleh umat islam sebagai 'pengobatan a la nabi muhammad.' perhatikan saja klaimnya: botol ini sampai perlu mencantumkan hadis riwayat bukhori-muslim yang bunyinya: 'sesungguhnya di dalam habbatussauda (jintan hitam) terdapat penyembuh bagi segala macam penyakit, kecuali kematian.' jujur, aku antara nyengir dan ingin ketawa dengar hadis seperti ini. aku juga ragu bahwa ini hadis sahih, jadi mesti dicek. hadis ini nadanya terdengar agak murahan, misalnya mirip dengan hadis palsu yang bunyinya 'barangsiapa membaca la ilaha illallah, allah akan menjadikan baginya seekor burung yang punya tujuh puluh lidah. pada tiap-tiap lidah tujuh puluh ribu bahasa yang memohon ampun kepada allah untuk orang tersebut.' bahkan aku dulu agak kaget waktu mendapati pernyataan 'terkadang kefakiran itu mendorong kepada kekufuran' ternyata bukan hadis, melainkan ungkapan dari bahasa arab saja.

jadi mengabaikan angan-angan bahwa habbatussauda ini semacam elixir yang bisa menyembuhkan segala penyakit dan bakal membuat nyawaku jadi lebih awet atau vitalitasku jadi naik drastik, aku berprasangka baik saja meminumnya. toh benda ini diklaim bisa meningkatkan imunitas dan melancarkan peredaran darah. bila tiga manfaat itu saja sudah sangat hebat, di botol ini disebutkan khasiat dan kegunaan habbatussauda bertambah-tambah, yaitu:

* membantu mengatasi berbagai penyakit, seperti rematik, asam urat, dll.
* membantu mengobati gangguan jantung, ginjal, liver, dll.
* membantu menormalkan/menstabilkan kolesterol, darah tinggi, dll.
* membantu mengobati kanker, dll.
* membantu meningkatkan asi dan imunitas.

aku sengaja mengetik 'dll' persis karena malas mengulang item yang terlalu banyak mereka sebutkan.

hebat benar kan kandungan habbatussauda ini? dan lebih luar biasa lagi kalau kita mau mempercayainya!

aku ingat waktu mulai makan habbatussauda ini kondisi kesehatanku lagi rada-rada jelek. aku batuk-batuk ringan. mungkin karena waktu itu lagi puncak musim penghujan dan hujan setiap hari terjadi dengan curah besar dan waktu lama. beberapa hari kemudian kondisiku tambah jelek, kini ditambah pilek dan rada meriang. aku bilang ke fenfen, 'waduh, kok jadi lebih parah ya? apa ada hubungannya dengan minum habbatussauda?' 'eh, iya. kata rezha kalau orang baru minum ini memang bakal sakit dulu. racun-racun dalam tubuhnya dibuang dulu. istilahnya detoksifikasi.' dengan begitu aku terus mengonsumsinya. mungkin keterangan fenfen ini benar. lama-lama batuk-pilekku sembuh, dan hingga hari ini aku belum jatuh sakit yang sampai bisa bikin tumbang, misalnya demam tinggi atau meriang. alhamdulillah. artinya selama periode ini aku cukup fit. aku kadang-kadang memang merasa kepalaku terasa berat atau rada pusing, tapi aku tahu persis itu karena aku panik kesulitan menyelesaikan target atau kepayahan menahan emosi biar enggak meledak kala menghapi banyak situasi menjengkelkan. ini mah tekanan biasa. aku menyebutnya dengan istilah 'problema lelaki berumah tangga.'

jadi meski awalnya agak bosan minum habbatussauda karena merasa kapan nih akan habisnya, toh aku bisa menyantapnya juga. sekarang tinggal beberapa butir lagi. nanti bila benar-benar habis, akankah aku mau membeli sendiri? aku ragu. aku malah jadi teringat seorang kawanku, yang kebetulan jarang bertemu, namanya gofar. terus-terang aku suka rada kasihan atau enggak tega sama dia, karena dia sering jadi bahan ledekan kawan-kawan soalnya dia kelihatan terlalu alim dan konservatif banget. dulu dia bilang bahwa profesinya ialah jualan habbatussauda. waktu dia 'jual obat' ke aku, aku cengar-cengir saja dengar penuturannya. antara takjub dan sangsi. satu-satunya yang kurang aku suka dari habbatussauda ialah baunya cukup menyengat.

tapi lepas dari segala kesangsian dan kebodohanku, aku bersyukur atas kesehatan akhir-akhir ini. berkat nikmat sehat inilah aku lebih kuat sedikit demi sedikit menyelesaikan tugas, sementara vitalitasku terjaga.

makasih rezha![]

2 comments:

Awam aka Bahtiar Baihaqi said...

Hingga sekarang, simpulan akhirnya gimana Mas Wartax, apa layak untuk rutin dikonsumsi?

Mardi Anto said...

Coba beli habbatussauda ini merk innolife,
banyak yang minum dan Alhamdulillah ada perubahan positif di tubuh.
Bentuk nya habbatus sauda cair (dalam kemasan kapsul)
Emang lebih bagus yang minyak karena lebih mudah dan lebih cepat diserap tubuh.

Hadits nya shahih, bukhari muslim...
Dan sama sekali gak terkesan murahan, buktinya dunia international sibuk membuktikan keampuhan habbatus sauda sebagai obat berbagai penyakit... bisa di research sendiri hasil penelitiannya jika punya waktu :)